Detail Kegiatan LPKN Training Center

Bimbingan Teknis Nasional – Online "Pembekalan Teknis Bagi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dalam Rangka Pelaksanaan Pengadaan Tahun Anggaran 2021 dan Penyiapan Kompetensi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK)" Gelombang 3

Dibuat Oleh : Rahmi | 21 Apr 2021


Jakarta, 21 April 2021 - Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) kembali menyelenggarakan BIMTEK ONLINE PEJABAT PEMBUAT KOMITMEN GELOMBANG 3 PADA TANGGAL 05-17 April 2021, kegiatan ini terdiri dari 12 sesi pertemuan. Dengan jumlah total peserta sebanyak 82 peserta.

Hari Pertama, 05/04/2021 – Pembukaan yang dibawakan oleh Ibu Rahmi Kurnia Fitriadi,S.Pd selaku MC, dan Bapak Ade Kristianto, ST, M.A.P, CCMs, sebagai pendamping narasumber. Kemudian dilanjutkan dengan materi yang dipaparkan oleh BapakDr. Ir Fahrurrazi, M.Si. dengan Tema Gambaran Umum dan Landasan Hukum yang terdiri dari beberapa sub-materi, yaitu Landasan Hukum Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Syarat dan Kompetensi Pengangkatan PPK, Flow tugas dan fungsi PPK tahapan Perencanaan hingga serah terima, PPK dan Kaitannya dengan pelaku pengadaan lainnya, dan Titik Risiko sebagai PPK.

Pada pertemuan pertama ini, dihadirkan pula live performance dari seorang singer yaitu Bapak Bona Paputungan yang menyanyikan 1 buah lagu untuk menghibur peserta di kala break. 

                  

Hari Kedua, dan Ketiga 06, 07 April 2021 – Materi dipaparkan oleh Ibu Mina Ayu Roswyda, S.T dengan pendamping narasumber Ibu Mutiara Ramadhani Kusumadewi, SKM, MH, dengan Tema Menyusun Perencanaan Pengadaan Barang/Jasa  , dengan rangkaian materi melakukan analisis belanja (spend analysis), menyusun identifikasi kebutuhan dan paket Pengadaan Barang/Jasa, menyusun rencana anggaran Pengadaan Barang/Jasa, Menyusun jadwal pengadaan, dan Menyusun Cara dan Strategi Pengadaan.           

           

Hari Keempat dan Kelima, 08 dan 09 April 2021 Materi dipaparkan oleh Bapak Atas Yudha Kandita, ST , dengan pendamping narasumber Ibu Mutiara Ramadhani Kusumadewi, SKM, MH, tentang Mengelola Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah melalui Swakelola dengan sub materi perencanaan secara Swakelola, persiapan secara Swakelola, pelaksanaan secara swakelola, pengawasan dan pengendalian pelaksanaan Pengadaan secara Swakelola, Analisa Permasalahan dan Evaluasi Kinerja Swakelola / evaluasi keberhasilan pelaksanaan swakelola.

Hari Keenam, Ketujuh, dan Kedelapan, 10, 12, dan 13 April 2021 – Materi dipaparkan oleh Bapak Dr. Ir Fahrurrazi, M.Si. dengan pendamping narasumber Bapak Ade Kristianto, ST, M.A.P, CCMs, dengan materi Mengelola Kontrak Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Melalui Penyedia yang terdiri dari beberapa sub-materi yaitu Perumusan Kontrak dan melakukan finalisasi dokumen kontrak PBJ, Pembentukan Tim Pengelola Kontrak, Pengendalian Pelaksanaan Kontrak, Penyelesaian sengketa Kontrak, Serah Terima Hasil, Evaluasi Kinerja Penyedia Pada Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Hari Kesembilan dan Kesepuluh , 14 dan 15 April 2021– Materi dipaparkan oleh Ibu Deby Sandra,S.Kom.MM., CCMs dengan pendamping narasumber  Bapak Ade Kristianto, ST, M.A.P, CCMs, dengan materi Persiapan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah yang terdiri dari beberapa sub-materi yaitu Identifikasi/Reviu Kebutuhan dan Penetapan Barang/Jasa, penyusunan Spesifikasi Teknis dan Kerangka Acuan Kerja (KAK), penyusunan perkiraan harga, perumusan strategi Pengadaan, pemaketan dan cara Pengadaan, dan perumusan organisasi pada Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Hari Kesebelas yaitu kelas Bonus pada tanggal 16 April 2021 – Materi dipaparkan oleh Ibu Mina Ayu Roswyda, S.T dengan pendamping narasumber Bapak Zetta Nusantara Putra, S. E., M.Si., C.S.T., CPSp, dengan materi Tata Cara dan Strategi Mengikuti Uji Kompetensi Pengadaan Barang/jasa Pemerintah yang terdiri dari beberapa sub-materi yaitu Jenis Jenis Kelas Kompetensi Pengadaan, Tata Cara Mengikuti Uji Komptensi, Hal hal yang di persiapkan, dan Mempersipakan Portofolio.

Hari Kedua belas merupakan kelas Bonus pada tanggal 17 April 2021 – Materi dipaparkan oleh Bapak Ade Kristianto, ST, M.A.P, CCMs, dan  Ibu Annisa Virdianasari, S.Si  selaku MC dengan materi Pejabat Pembuat Komitment (PPK) pada Jasa Konstruksi yang terdiri dari beberapa sub-materi yaitu Hal hal yang menjadi Perhatian PPK dalam Pengadaaan Jasa Konstruksi, PPK Perencanaan Pengadaan jasa Konstruksi, PPK dalam Pelaksanaan Kontrak Konstruksi,dan Manajemen Risiko bagi PPK dalam Jasa Konstruksi. Kelas ini menutup kegiatan Bimtek selama 12 pertemuan ini. Di akhir kelas ini juga telah diundi 5 pemenang yang beruntung mendapatkan doorprize, diantaranya 4 peserta mendapatkan 5 voucher kelas pelatihan gratis, dan 1 peserta mendapatkan 1 unit laptop dari LPKN. (Rahmi-LPKN)

Kegiatan Terkait :