Pelatihan Online Mendisain Konsep Pembelajaran Sistimatis dan Terukur di Era Digital TRAINING NEED ANALYSIS (TNA) & BLOOM'S TAXONOMY (Analisa Kebutuhan Pelatihan , Penetapan Metode Pembelajaran dan Sistem Evaluasi Pelatihan)
Dibuat Oleh : Admin | 27 Apr 2022
Jakarta, 13 April 2022 - Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) untuk pertama kali menyelenggarakan Pelatihan Online -
Mendisain Konsep Pembelajaran Sistimatis dan Terukur di Era Digital
METODE TRAINING NEED ANALYSIS (TNA) & TAXONOMY BLOOM
(Kebutuhan Pelatihan, Penetapan Metode Pembelajaran dan Sistem Evaluasi Pelatihan). Kegiatan ini terdiri dari 5 sesi pertemuan. Dengan jumlah total peserta sebanyak 79 peserta.
Hari Pertama, 13/04/2022 – Pembukaan yang dibawakan oleh Ibu Alma Azzahra, S.Psi diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Mars LPKN, serta doa dilanjutkan dengan materi yang dipaparkan oleh Bapak Surya Kresnanda, ST., M.Pd. Materi yang dipaparkan terdiri dari beberapa poin, yaitu :
Konsep Training Need Analysis (TNA)
Langkah dan Metode Penyusunan TNA
Konsep Kompetensi dan Kinerja, serta posisi Training dalam pengembangan SDM
Analisis GAP kompetensi dan penentuan program pelatihan serta peserta
Penentuan tujuan pelatihan (learning Objective)
Hari Kedua 14/04/2022 – Pembukaan sesi kedua dibawakan oleh Ibu Alma Azzahra, S.Psi dilanjutkan dengan materi yang dipaparkan oleh Bapak Surya Kresnanda, ST., M.Pd dengan beberapa poin, yaitu :
Penentuan alur pelatihan berdasar tujuan pelatihan
Penentuan metode pelatihan
Teknik-teknik delivery (penyajian pelatihan) untuk penyampaian materi dan diskusi
Hari Ketiga 15/04/2022 – Sesi ketiga dilanjutkan dengan materi yang dipaparkan oleh Bapak Surya Kresnanda, ST., M.Pd dengan beberapa poin, yaitu :
Penyajian materi untuk memandu praktek dan penyajian studi kasus
4 Level Evaluasi Pelatihan
Metode-metode evaluasi dalam bentuk ujian tulis, ujian praktek, dan ujian observasi
Hari Keempat 18/04/2022 – Sesi keempat dilanjutkan dengan pemateri yang berbeda, yaitu Bapak Mohammad Faizal. Untuk materi yang dipaparkan pada sesi keempat ini membahas tentang
Materi :
- Apa itu Bloom’s Taxonomy?
- Penjelasan Lebih Lanjut tentang Bloom’s Taxonomy
- Tahapan Tingkat pembelajaran Bloom's Taxonomy :
- Remembering
- Understanding
- Applying
- Analyzing
- Evaluating
- Creating
Hari Kelima 19/04/2022 – Pertemuan hari kelima merupakan sesi pertemuan terakhir, sesi kelima ini dilanjutkan kembali dengan pemaparan materi dari Bapak Mohammad Faizal dengan beberapa poin materi, yaitu :
Hal hal yang dapat membuat Proses Pembelajaran Menjadi Menarik
Bloom’s Taxonomy dan Pembelajaran Digital
VARK (Visual, Aural, read/write, Kinesthetic)
Pada hari kelima ini, LPKN juga membagikan 3 buah hadiah dengan menyelenggarakan kuis di akhir sesi. Tiga peserta yang beruntung mendapatkan voucher pelatihan dengan total hadiah sebesar Rp 900.000,00. Peserta mengikuti serangkaian kegiatan dengan sangat antusias dan semangat. Walaupun secara full online, kegiatan berjalan dengan lancar, komunikatif, dan menyenangkan.
Kegiatan Terkait :
Jenis Kegiatan :
-
Kelas Online 341
-
Kelas Tatap Muka 207
5 Kegiatan Terpopuler :
22 Feb 2021 | 4946
PELATIHAN DAN SERTIFIKASI HYPNOTHERAPY FUNDAMENTAL DAN ADVANCED HYPNOTHERAPY GELAR PROFESI / NON AKADEMIK (CH & CHT) DARI INDONESIAN BOARD OF HYPNOTHERAPY (IBH)
17 Feb 2021 | 1264
Pelatihan dan Sertifikasi (Full Online) Kompetensi Pelaksanaan Pelatihan Jarak Jauh – BNSP
26 Feb 2021 | 1146
Bimbingan Teknis Nasional – Online "Pembekalan Teknis Bagi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dalam Rangka Pelaksanaan Pengadaan Tahun Anggaran 2021 dan Penyiapan Kompetensi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK)" Gelombang 1
19 Feb 2021 | 1077
Bimbingan Teknis - Online Peningkatan Kompetensi Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Dalam Pengelolaan Keuangan dan Pengadaan Barang/Jasa Tahun Anggaran 2021 (Pengelolaan, Pertanggungjawaban, dan Persiapan menghadapi Aud
23 Feb 2021 | 789