LPKN | Training Center

Detail Kegiatan LPKN Training Center

Kelas Online BECOME A PROBLEM SOLVER AND MEDIATOR (Strategi Menyelesaikan Konflik dan Menghasilkan Solusi Terbaik )

Dibuat Oleh : Shofy | 23 Feb 2022


Kelas Online
BECOME A PROBLEM SOLVER AND MEDIATOR
(Strategi Menyelesaikan Konflik dan Menghasilkan Solusi
Terbaik) 08 - 12 Februari 2022
 
Jakarta, 08/02/2022. Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) menyelenggarakan Kelas Online BECOME A PROBLEM SOLVER AND MEDIATOR (Strategi Menyelesaikan Konflik dan Menghasilkan Solusi Terbaik) 08 - 12 Februari 2022
 

Sesi Pertama, 08/02/2022 (Pukul, 13:00 – 15:00 WIB Wib) – Pembukaan kegiatan dengan menyanyikan lagu indonesia raya dan mars LPKN yang dibawakan oleh Master Of Ceremony (MC) Alma Azzahra. Kemudian dilanjutkan dengan materi yang dipaparkan oleh Narasumber :  Dr. S. Assery, SE, MM. (Praktisi Mediator dan Promblem Solving)

dengan Materi :

Materi  :
  PENGERTIAN KONFLIK
•  Pengertian Konflik
•  Konflik terjadi tidak pandang lokasi
•  Konflik terjadi tidak pandang bulu
•  Pandangan mengenai konflik 
•  Proses Interaktif
•  Internal dan Eksternal
•  Skala Konflik dan Intensitas Konflik 
 
  CARA ANALISIS KONFLIK + PRAKTEK VIRTUAL
•  Analisis Peta Konflik
•  Analisis Fokus Konflik
•  Analisis Pohon Konflik
•  Analisis Sumber Konflik

Sesi Kedua, 09/02/2022 (Pukul, 13.00 - 15.00 Wib) – Pembukaan kegiatan yang dibawakan oleh Master Of Ceremony (MC) Alma Azzahra. Kemudian dilanjutkan dengan materi yang dipaparkan oleh Narasumber :  Surachman. S.T., M.T.

dengan Materi :

Identifikasi Akar Masalah dalam rangka Menghasilkan Solusi
• Menggali Akar Masalah
• Analisa Masalah dan Penyebab Potensial
• Analisa Situasi
• Rencana Tindakan
• Evaluasi dan Perbaikan

Sesi Ketiga, 10/02/2022 (Pukul, 13:00 – 15:00 WIB Wib) – Pembukaan kegiatan yang dibawakan oleh Master Of Ceremony (MC) Alma Azzahra. Kemudian dilanjutkan dengan materi yang dipaparkan oleh Narasumber :  Dr. S. Assery, SE, MM. (Praktisi Mediator dan Promblem Solving)

dengan Materi :

  TAHAPAN, SIKLUS, DAN JENIS KONFLIK
•  Tahapan Konflik
•  Siklus Konflik
•  Jenis Konflik
 
  PENYEBAB-PENYEBAB KONFLIK
•  Beberapa penyebab konflik
•  Pertentangan subsistem dalam organisasi 
•  Penyebab konflik antar organisasi
 
  PROSES PENGELOLAAN KONFLIK + PRAKTEK VIRTUAL
•  cara pengelolaan konflik 
•  model pengelolaan konflik 
•  langkah pengelolaan konflik 
•  gaya pengelolaan konflik
•  Kolaborasi atau Kerjasama
 
 

Sesi Keempat, 11/02/2022 (Pukul, 13:00 – 15:00 WIB Wib) – Pembukaan kegiatan yang dibawakan oleh Master Of Ceremony (MC) Alma Azzahra. Kemudian dilanjutkan dengan materi yang dipaparkan oleh Narasumber :  Dr. S. Assery, SE, MM. (Praktisi Mediator dan Promblem Solving)

dengan Materi

  PEMECAHAN MASALAH + PRAKTEK VIRTUAL
•  Masalah dan Pemecahan Masalah
•  dikaitkan dengan standar
•  dikaitkan dengan informasi dan prediksi
•  dikaitkan dengan hambatannya
•  dikaitkan dengan cara pemecahannya
 
  NEGOSIASI YANG EFEKTIF + PRAKTEK VIRTUAL
•  Asumsi Dasar Negosiasi
•  Mengumpulkan Informasi 
•  Negosiasi Berbasis Posisi
•  Negosiasi Berbasis Kepetingan
•  Langkah Terbaik Dalam Negosiasi
 

Sesi Kelima, 12/02/2022 (Pukul, 13:00 – 15:00 WIB Wib) – Pembukaan kegiatan yang dibawakan oleh Master Of Ceremony (MC) Alma Azzahra. Kemudian dilanjutkan dengan materi yang dipaparkan oleh Narasumber :  Dr. S. Assery, SE, MM. (Praktisi Mediator dan Promblem Solving)

dengan Materi : MEDIASI YANG KONSTRUKTIF + PRAKTEK VIRTUAL
• Pembukaan
• Sambutan Mediator
• Presentasi Para Pihak Bergantian
• Kesepahaman Awal
• Definisi Masalah
• Mencari Kesepakatan
• Kaukus/Pertemuan Terpisah
• Mencapai Kesepakatan
• Dokumentasi Kesepakatan
• Penutupan

Kegiatan Terkait :