Detail Kegiatan LPKN Training Center

Diskusi dan Kajian Ilmiah - Online Pengadaan Sebagai PRIMADONA Korupsi (Tinjauan Kebijakan, Akar Masalah, Hukum dan Alternatif Solusinya)

Dibuat Oleh : Nurfauzy | 18 Mar 2021


Jakarta, 17 Maret 2021. Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) menggelar kegiatan Diskusi dan Kajian Ilmiah secara online bertajuk Pengadaan Sebagai PRIMADONA Korupsi (Tinjauan Kebijakan, Akar Masalah, Hukum dan Alternatif Solusinya).

Kegiatan ini merupakan respon atas keresahan masyarakat terkait korupsi terutama korupsi dalam bidang pengadaan barang dan jasa. Terdapat 3 narasumber dalam diskusi ini antara lain  Ketua KPK Periode 2015-2019,  Ir. Agus Rahardjo., MSM, Peneliti Senior Pusat Penelitian Politik LIPI, Prof. Dr. R. Siti Zuhro, M.A dan Pakar Hukum Prof. Dr. Zainal Arifin Mochtar, S.H., LL.M. Diskusi ini di moderatori oleh Dr. H. Fahrurrazi, M.Si serta dipandu oleh Master Of Ceremony (MC) Annisa Virdianasari, S.S.

Kegiatan dibuka oleh Master Of Ceremony (MC), kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya,  membacakan profil dari ketiga narasumber dan sambutan oleh Ketua Umum LPKN,  Andi Zabur Rahman., S.Kom., S.Si., MBA

"Kasus-kasus korupsi di Indonesia marak sekali terjadi dalam bidang pengadaan barang dan jasa" Ujar Ir. Agus Rahardjo., MSM. Sementara itu, Prof. Dr. R.Siti Zuhro, M.A mengatakan bahwa perlu adanya transparansi dan akuntabilitas dalam birokrasi kita sehingga masyarakat ikut mengawasi dalam proses pelaksanaanya. Sedangkan menurut  Prof. Dr. Zainal Arifin Mochtar, S.H., LL.M, mengatakan  bidang pengadaan barang dan jasa dapat menjadi primadona korupsi karena bidang ini menjadi lahan basah dan mudah untuk dideteksi dalam setiap proses perencanaan hingga pelaksanaan pengadaan barang dan jasa. 

Dalam setiap pergantian  sesi pemaparan oleh narasumber diselingi iringan musik yang menggelitik nurani dibawakan oleh Bona Paputungan, seorang penyanyi yang populer dengan lagu “Andai Aku Jadi Gayus Tambunan”.  Dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab dan ditutup dengan sesi foto bersama.

 

Kegiatan Terkait :