LPKN | Training Center

Detail Kegiatan LPKN Training Center

PELATIHAN ONLINE Mendisain Konsep Pembelajaran Sistimatis dan Terukur di Era Digital METODE TRAINING NEED ANALYSIS (TNA) & TAXONOMY BLOOM (Kebutuhan Pelatihan , Penetapan Metode Pembelajaran dan Sistem Evaluasi Pelatihan)

Dibuat Oleh : Admin | 02 Feb 2022


Jakarta, 02 Februari 2022 - Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) untuk pertama kali menyelenggarakan Pelatihan Online
Mendisain Konsep Pembelajaran Sistimatis dan Terukur di Era Digital
METODE TRAINING NEED ANALYSIS (TNA) & TAXONOMY BLOOM
(Kebutuhan Pelatihan, Penetapan Metode Pembelajaran dan Sistem Evaluasi Pelatihan). Kegiatan ini terdiri dari 5 sesi pertemuan. Dengan jumlah total peserta sebanyak 89 peserta.



Hari Pertama, 26/01/2022 – Pembukaan yang dibawakan oleh Ibu Alma Azzahra, S.Psi diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Mars LPKN, serta doa dilanjutkan dengan materi yang dipaparkan oleh Bapak Surya Kresnanda, ST., M.Pd. Materi yang dipaparkan terdiri dari beberapa poin, yaitu : 


 Konsep Training Need Analysis (TNA)
 Langkah dan Metode Penyusunan TNA
 Konsep Kompetensi dan Kinerja, serta posisi Training dalam pengembangan SDM
 Analisis GAP kompetensi dan penentuan program pelatihan serta peserta
 Penentuan tujuan pelatihan (learning Objective)


Hari Kedua 27/02/2022 – Pembukaan sesi kedua dibawakan oleh Ibu Alma Azzahra, S.Psi dilanjutkan dengan materi yang dipaparkan oleh Bapak Surya Kresnanda, ST., M.Pd dengan beberapa poin, yaitu : 

 Penentuan alur pelatihan berdasar tujuan pelatihan
 Penentuan metode pelatihan
 Teknik-teknik delivery (penyajian pelatihan) untuk penyampaian materi dan diskusi

Hari Ketiga 28/02/2022 – Sesi ketiga dilanjutkan dengan materi yang dipaparkan oleh Bapak Surya Kresnanda, ST., M.Pd dengan beberapa poin, yaitu : 

 Penyajian materi untuk memandu praktek dan penyajian studi kasus
 4 Level Evaluasi Pelatihan
 Metode-metode evaluasi dalam bentuk ujian tulis, ujian praktek, dan ujian observasi




Hari Keempat 29/02/2022 – Sesi keempat dilanjutkan dengan pemateri yang berbeda, yaitu Bapak Mohammad Faizal. Untuk materi yang dipaparkan pada sesi keempat ini membahas tentang pengertian dan arti dari Bloom's Taxonomy.


Hari Kelima 30/02/2022 – Pertemuan hari kelima merupakan sesi pertemuan terakhir, sesi kelima ini dilanjutkan kembali dengan pemaparan materi dari Bapak Mohammad Faizal dengan beberapa poin materi, yaitu : 

 Hal hal yang dapat membuat Proses Pembelajaran Menjadi Menarik
 Bloom’s Taxonomy dan Pembelajaran Digital
 VARK (Visual, Aural, read/write, Kinesthetic)

Pada hari kelima ini, LPKN juga membagikan 3 buah hadiah dengan menyelenggarakan kuis di akhir sesi. Tiga peserta yang beruntung mendapatkan voucher pelatihan dengan total hadiah sebesar Rp 900.000,00. Peserta mengikuti serangkaian kegiatan dengan sangat antusias dan semangat. Walaupun secara full online, kegiatan berjalan dengan lancar, komunikatif, dan menyenangkan.



Kegiatan Terkait :